Selasa, 18 Jun 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Sukarelawan Penjaga Perlintasan Kereta Api Bak Pahlawan Dimata Warga

waktu baca 2 menit
Minggu, 3 Sep 2023 18:46 0 290 Ragil Surono

READNEWS.ID, – Adalah Yoyon ( 45 ) seorang Desa Serang, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah yang hampir setiap saat bergantian dengan rekannya berdiri mengamankan dan mengawasi para pengendara atau pejalan kaki yang akan melintas menyeberang rel di perlintasan kereta tanpa pintu, yang terdapat di Dusun Rowopanggang, Desa Iser , Kecamatan Petarukan.

Pasang Iklan

Ketika ditemui pada minggu (3/9) berperawakan tegap yang juga merupakan salah satu pengurus organisasi kemasyarakatan ini, sedang berdiri sambil menghalau para pengendara sepeda motor dan pejalan kaki, agar menjauh dari rel karena ada kereta api yang akan melintas dari arah barat.

“Cukup prihatin dengan lintasan kereta api tanpa palang pintu disini mas, jadi demi keselamatan warga yang akan melintas,kami setiap hari bergantian mengawasi dan menjaga warga yang akan menyeberang” kata Yoyon.

“Kebetulan kantor sekretariat kami dekat dengan perlintasan kereta tanpa pintu, jadi hitung-hitung sebagai sumbangsih kami selaku ormas kepada masyarakat” tuturnya.

Pasang Iklan

Terpisah sekretaris Desa Iser Muhammad Duhron ( 39 ) ketika dikonfirmasi mengatakan, adanya kantor sekretariat ormas Lindu , cukup membantu pemerintahan desa. Baik dalam hal pemberdayaan pemuda, kegiatan , hingga masalah keamanan.

“kami merasa terbantu dengan adanya sekretariat Lindu Aji disini, terutama di perlintasan kereta api tanpa pintu, mereka selalu mengawasi dan mengamankan para pengendara yang akan menyeberang rel kereta” tuturnya.

Masih menurut sekdes Iser, usulan pengadaan palang pintu rel kereta api sebenarnya telah disulkan melalui Dinas Perhubungan Kabupaten Pemalang maupun provinsi Jawa Tengah serta pihak PT. Kereta Api ( KAI ), namun baru akan direalisasikan di tahun .

Sekdes Iser juga berharap ada apresiasi terhadap para relawan penjaga palang pintu kereta api tersebut. Peran mereka dalam ikut serta menjaga keamanan sangat vital.

“Tanpa keterlibatan mereka entah berapa banyak korban lagi yang berjatuhan akibat tertabrak kereta api. Semoga pemkab Pemalang dan KAI kelak memberikan apresiasi bagi para penjaga palang pintu tersebut beserta organisasinya,” ujar sekdes Iser. ( Ragil Surono ).

xAyu Octa Lip care Serum