Sabtu, 20 Jul 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Antisipasi Kericuhan, Begini Potret Pengamanan Pemilu di Tapsel

waktu baca 2 menit
Rabu, 18 Okt 2023 14:33 0 79 Muhammad Reza Fahlevi

READNEWS.ID, – Guna mengantisipasi kericuhan saat hari H pelaksanaan, Tapanuli Selatan (Tapsel), menggelar simulasi Sispamkota terkait Pemilu 2024, Selasa (17/10) pagi.

Pasang Iklan

Dalam simulasi ini, personel Polres Tapsel dan Yon C Sat Brimob Polda , tampak memerankan adegan pengamanan Pemilu di 2 skenario guna mengantisipasi kericuhan yang datang dari massa.

Skenario pertama, menampilkan adegan pengamanan pelaksanaan pemungutan suara di Kantor dan Utara (Paluta) pada Pemilu 2024 oleh personel .

Di mana, personel dalam skenario pertama ini, terdiri dari Dalmas awal, lanjutan, dan lintas ganti. Sementara, di skenario kedua, menampilkan
Pengamanan massa yang mencuri barang di Ruko milik .

Pasang Iklan

Tim Opsnal Polres Tapsel dan Yon C Sat Brimob Polda Sumut, langsung memperagakan adegan demi adegan di skenario kedua ini. Dua skenario itu, berjalan sukses dan memuka para jajaran Forkopimda yang hadir pada simulasi Sispamkota.

Dari atas kenderaan taktis Polri, Kapolres Tapsel, AKBP Imam Zamroni, SIK, , memimpin langsung jalannya simulasi ini. Orang nomor satu di jajaran Polres Tapsel ini tak henti-hentinya memberi arahan agar peragaan adegan simulasi berjalan baik.

Usai kegiatan, Kapolres menjelaskan, bahwa simulasi Sispamkota memiliki tujuan untuk memantapkan berbagai kesiapan personel Polri dalam rangka menyambut Pemilu 2024 yang aman, damai, dan menggembirakan.

“Adapun poin penting dalam peragaan simulasi tadi yakni, terkait kericuhan saat pelaksanaan Pemilu nanti,” sebut Kapolres dalam kegiatan yang berlangsung di depan Kantor Dinas Pariwisata itu.

Potensi Kericuhan Akibat Ketegangan antar Pendukung

Hal itu dapat terlihat saat adanya kemungkinan terjadinya unjuk rasa sebagai wujud ketidakpuasan para pendukung peserta Pemilu terhadap hasil pemungutan suara. Potensi kericuhan juga bisa muncul akibat ketegangan para pendukung peserta Pemilu.

Kemudian, lanjut Kapolres, ada juga aksi pengawalan surat serta kotak suara. Serta, tindakan pengamanan Kantor KPU, seolah-olah ada serangan dari massa yang tidak terima akan hasil Pemilu itu sendiri.

Bentuk Kesiapan Polres Tapsel

Berbagai potensi kericuhan serta cara bertindak para personel, pihaknya telah menyajikannya dengan konsep yang terbaik dalam simulasi ini. Hal ini sebagai bentuk kesiapan Polres Tapsel menghadapi Pemilu 2024 nanti.

“Kendati demikian, kami tetap akan berkolaborasi dan bersinergi dengan seluruh stake holder yang ada. Guna terciptanya Pemilu yang damai. Kami juga menghimbau masyarakat untuk mendukung tugas Polri menciptakan pesta demokrasi yang menggembirakan,” tukas Kapolres.

Muhammad Reza Fahlevi

xAyu Octa Lip care Serum