Kamis, 13 Jun 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Dua Bocah Hanyut di Sungai Batang Ayumi, Kalaksa BPBD Padangsidimpuan : Sudah Ditemukan

waktu baca 3 menit
Rabu, 18 Okt 2023 16:29 0 249 Muhammad Reza Fahlevi

READNEWS.ID, – Kalaksa BPBD Padangsidimpuan, Dedi Iriansyah Siregar, menjelaskan, bahwa dua bocah yang sebelumnya hanyut terseret arus Sungai Ayumi, sudah ditemukan, pada Rabu (18/10) pagi.

Pasang Iklan

Kedua bocah malang itu adalah, AGL (14), yang merupakan Jalan Sutan Hasanuddin, Kelurahan Wek IV, Kecamatan Padangsidimpuan Utara. Serta, R (12), yang merupakan warga Kelurahan Kantin, Kecamatan Padangsidimpuan Utara.

“Di hari pencarian, (dua bocah) korban (hanyut) telah ditemukan di sekitar Sungai Batang Angkola, Bendungan Paya Sordang, Desa Huta Lombang, Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara,” ungkap Kalaksa BPBD ke awak media dalam rilis resminya.

Menurut Dedi, Tim Pencarian gabungan menemukan kedua korban sudah dalam keadaan meninggal dunia. Penemuan jenazah kedua korban itu, lanjutnya, berdasarkan laporan dari dua warga setempat yang sedang mencari pasir.

Pasang Iklan

“Usai mengevakuasi, Tim membawa jenazah (kedua korban) ke RSUD . Selanjutnya, Tim menyerahkan kedua jenazah korban ke pihak keluarga. Dengan demikian, Operasi Pencarian kita tutup,” terang Dedi.

Dalam kesempatan ini, Dedi juga mengucapkan terima kasih ke Pj Wali Kota, Letnan Dalimunthe, SKM, dan Kapolres Padangsidimpuan, AKBP Dudung Setyawan, SH, SIK, , atas atensi dan bantuan guna upaya pencarian para korban.

Kemudian, ia juga mengucapkan terima kasih ke Danyon C Sat Brimob Polda Sumut, Kompol Buala Zega, SH, MH, Tim dan , media massa, serta segenap yang terlibat dalam upaya pencarian ini.

“Berkat kerja keras dan kerja sama Tim yang baik, akhirnya kita berhasil menemukan kedua jenazah Almarhum. Kiranya, kedua Almarhum mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT,” harapnya.

Sebelumnya, Dedi menerangkan, dalam proses pencarian ini, 3 Tim dengan Perahu Karet dan satu Kayak menyusuri DAS ( aliran Sungai) Batang Ayumi. Tim memulai pencarian dari titik awal hanyut hingga sejauh kurang lebih 37 Km.

“Persisnya, hingga ke Bendungan Paya Sordang. 7 Tim Scoaching Darat menyusuri pinggiran Sungai dari beberapa titik lokasi sepanjang Sungai Batang Ayumi,” jelasnya.

Kronologis Kejadian

Sebagai informasi, pada Senin (16/10) lalu, AGL datang temui temannya, JAP (13). Rumah JAP berada di depan RSUD Padangsidimpuan di Jalan Sutan Hasanuddin.

AGL datang mengajak JAP untuk mencari ikan di bawah Jembatan Siborang di Sungai Batang Ayumi. Setiba di Sungai Batang Ayumi, datang beberapa bocah laki-laki lain.

Mereka adalah, korban R beserta tiga rekannya antara lain, Ri (14), AFN (14), dan FA (14). Kemudian JAP dan AFN masuk ke Sungai untuk mencari ikan.

Sedangkan AGL, Ri, R, dan FA, berdiri di pinggir Sungai. Karena situasi tengah turun hujan deras, mendadak datang air besar dari hulu menuju arah seluruh anak-anak tersebut.

Mereka, sempat terbawa arus Sungai. 4 dari mereka, yakni JAP, Ri, FA, dan AFN, berhasil selamat. Sedangkan AGL dan R hanyut terbawa arus Sungai.

Muhammad Reza Fahlevi

xAyu Octa Lip care Serum