Rabu, 19 Jun 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Hama Janda Pirang Serang Petani Bawang Di Brebes

waktu baca 1 menit
Jumat, 13 Okt 2023 00:45 0 408 Ragil Surono

READNEWS.ID, – Hama janda pirang menyerang ratusan hektar tanaman bawang merah, di sejumlah tempat yang ada di , , yaitu di kecamatan Larangan dan Wanasari, para terpaksa melakukan upaya panen dini

Pasang Iklan

Hal ini dilakukan, karena Jika hama janda pirang ini tidak segera ditangani, dimungkinkan akan menyebabkan para petani bawang merah di Kabupaten Brebes mengalami gagal panen.

Kondisi ini diperparah dengan musim yang berkepanjangan dampak dari El Nino. Fenomena El Nino menyebabkan terjadi di mana-mana akibat tidak adanya ketersediaan air di saluran .

Kondisi ini juga membuat para petani terpaksa menyedot air dengan sumur bor untuk mengairi lahan pertaniannya.

Pasang Iklan

Seorang petani bawang Dursin mengatakan, hama janda pirang mulai menyerang tanaman bawang merahnya sejak sebulan lalu. Daun tanaman merah rebah dan menjadi layu serta mengering, bak rambut pirang.

“Tanaman bawang saya baru berumur satu bulan daunnya sudah mulai mengering. Kalau musim hujan, hama ini disebut hama tol,” kata Dursin, pada kamis 12 Oktober 2023.

Untuk mengatasi hama yang menyerang tanaman ini, ia sudah berusaha dengan memberikan obat anti hama. Tapi sayang tidak ada perubahan dan terus mengering ( Ragil Surono).

xAyu Octa Lip care Serum