Jumat, 25 Okt 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Kemenkumham Sulteng dan Pemda Banggai Berkolaborasi Dorong Inovasi

waktu baca 2 menit
Rabu, 23 Okt 2024 01:07 0 11 M Rizky Hidayatullah

READNEWS.ID, – Kantor Wilayah Hukum dan (Kanwil Kemenkumham ) bersama Kabupaten Banggai berkomitmen memperkuat kesadaran terhadap pentingnya kekayaan intelektual (KI) dan pemanfaatannya secara maksimal.

Pasang Iklan

Sebagai realisasi dari dan Perjanjian Kerja Sama yang telah ditandatangani, kedua institusi ini gencar melaksanakan dan memberikan fasilitasi pendaftaran KI secara cuma-cuma.

Untuk menjangkau lebih banyak kalangan, Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Kabupaten Banggai telah memasang X Banner di berbagai titik strategis, termasuk kantor pemerintah, perguruan tinggi, dan desa-desa di wilayah tersebut. Tujuannya adalah agar masyarakat mudah mendapatkan informasi tentang layanan pendaftaran KI gratis.

Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar, menyampaikan bahwa langkah ini selaras dengan program Pelita Desa yang diinisiasi oleh Kemenkumham.

Pasang Iklan

“Kami ingin masyarakat Kabupaten Banggai, terutama di pelosok, sadar akan pentingnya melindungi kekayaan intelektual mereka dan mendapatkan akses yang mudah untuk mendaftarkan KI,” ujarnya, Rabu (23/10/2024).

Hermansyah menambahkan, pendaftaran KI memberikan berbagai manfaat, mulai dari perlindungan hukum hingga peningkatan nilai ekonomis serta membuka peluang usaha baru.

“Manfaat perlindungan KI ini sangat signifikan, mulai dari melindungi hak kekayaan hingga mendorong kemajuan karya masyarakat,” imbuhnya.

Andi Nur Syamsi, Kepala BRIDA Kabupaten Banggai, menegaskan bahwa inisiatif pendaftaran KI gratis merupakan upaya pemerintah daerah untuk mendukung perkembangan inovasi dan kreativitas lokal. “Kami berharap melalui kemudahan ini, semakin banyak produk lokal yang mampu bersaing dan memiliki nilai tambah,” jelasnya.

Selain pemasangan X Banner, Kanwil Kemenkumham Sulteng dan Banggai juga akan menggelar kegiatan sosialisasi secara langsung, seperti workshop, seminar, serta kunjungan ke desa-desa untuk menjangkau masyarakat secara lebih luas.

M Rizky Hidayatullah

xAyu Octa Lip care Serum