Kamis, 13 Jun 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Masuk Tahap Kampanye, KPU dan Bawaslu Poso Harus Serius Mengawasi Potensi Pelanggaran

waktu baca 2 menit
Jumat, 1 Des 2023 01:14 0 147 Syamsuyadi DS

READNEWS.ID, Terkait sudah masuknya tahapan Kampanya yang digelar pihak , mendorong direktur Civic education for democracy and peace, Budiman Maliki angkat bicara.

Pasang Iklan

Pada media ini dalam saat di temui di ruang kerjanya, tertanggal 30 November 2023, Budiman menyatakan harapannya antara lain, Proses yang berjalan bisa berlangsung baik sesuai aturan dan tanpa sedikitpun terjadinya pelanggaran oleh mereka peserta .

“Saya mengajak semua pihak untuk ikut mengawasi potensi pelanggaran dimasa saat ini, seperti, adanya tindakan dan praktek praktek uang oleh peserta pemilu yang bertujuan meraup suara” Sosok yang akrab disapa Budi ini.

Lebih jauh diingatkan Budi, terkait waktu dan jadwal kampanye yang teramat singkat sehingga terbersitnya pemikiran yang melahirkan adanya aksi politik uang serta adanya potensi keterlibatan dan penggunaan fasilitas Negara untuk mendukung dan melancarkan aksi pelaksanaan kampanye oleh peserta pemilu dan pihak pihak lainya.

Pasang Iklan

Ditegaskan Budi, Sangat diperlukan adanya kecekatan dan efektivitas dari pihak penyelenggara, baik pihak Poso maupun dalam mengawal secara efektif dan maksimal pelaksanaan tahapan kampanye, sehingga bisa berjalan aman, damai dan sesuai aturan main.

Khusus pengawasan, Budi mengharapkan agar Poso harus bersikap dan bertindak tegas sesuai aturan yang berlaku, jika ada laporan dan temuan oleh para peserta pemilu terkait adanya pelanggran, harus dilaporkan secara transparan serta dibuka di hadapan publik.

Terakhir kata Budi yang juga mantan ketua KPU Poso periode 2018 – 2023 ini, tidak kalah pentingnya, harus disiapkan mekanisme dan akses yang mudah bagi masyarakat untuk melaporkan pengaduannya terkait segala temuan pelanggaran kampanye yang terjadi di lapangan. (SYM)

xAyu Octa Lip care Serum