Sabtu, 20 Jul 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Menteri LHK: Polusi Udara Dapat di Pantau Teknologi Canggih

waktu baca 2 menit
Selasa, 29 Agu 2023 19:50 0 196 Mardi Yusra

READNEWS.ID, Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan yang terjadi di dapat di pantau dengan alat bantu untuk melihat kondisi alam sekitar.

Pasang Iklan

Hal tersebut di sampaikan saat di tanya solusi masalah udara di jakarta yang terjadi saat ini di Auditorium Gedung Manggala Wanabakti, , Selasa (29/8).

“Sebetulnya soal teknologi jadi penting, kawan-kawan sebetulnya kalau atau lingkungan dikaitkan dengan teknologi. Coba kita inget-inget deh zaman nenek moyang kita dulu ya, kalau mau berlayar kan lihat rasi bintang dulu ya. Kalau bintangnya begini nyilangnya madep mana, oh berarti perahunya bisa jalan, ikannya yang banyak sebelah mana,” ujar Siti kepada , Selasa (29/8/).

Menurut Siti, dengan perbantuan teknologi saat ini, gejala alam dapat di amati dengan peralatan canggih.

Pasang Iklan

“Itu kan alam sudah menuntun sebetulnya. Lalu, dalam perkembangan zaman, ada artificial-nya, cara-cara mereka mengikuti alam dan kemudian dilakukanlah peralatan-peralatan itu mendekati bagaimana situasi alamnya,” katanya.

Siti pun berbicara untuk pentingnya memodifikasi cuaca di jakarta yang dinilai sulit bergerak karena areal berbukit.

“Oleh karena itu, ketika teknik modifikasi cuaca harus di lakukan, memang kita juga mempelajari perilaku alam juga. Jadi ada awan-awan yang mengandung uap air yang cukup menjadi hujan. Kenapa ini disebut harus dilakukan modifikasi cuaca? Sebab, saya bilang Jakarta itu posisi geomorfologisnya itu seperti kipas aluvial,” ujarnya.

“Jadi dia flat dikelilingi oleh areal berbukit sehingga flow udaranya tidak mudah untuk dia bergerak. Karena tidak mudah itu, maka kadang-kadang awan itu hanya terpaksa jatuhnya di laut, jatuhnya di laut aja,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Siti mengatakan dengan perbantuan alat canggih yang dapat membantu untuk memodifikasi polusi udara saat ini.

“Nah dengan modifikasi cuaca, dilihat, ketika ada awan yang cukup uap air untuk bisa jatuh di -daerah tertentu ya di jatuhkan aja. Jadi teknologi itu,” pungkasnya. (Ardy)

xAyu Octa Lip care Serum