Kamis, 13 Jun 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Pasar Murah Solusi Cukupi Pangan di Padangsidimpuan

waktu baca 3 menit
Senin, 16 Okt 2023 18:12 0 226 Muhammad Reza Fahlevi

READNEWS.ID, PADANGSIDIMPUAN – Pemko Padangsidimpuan memilih gerakan Murah sebagai salah satu solusi guna cukupi kebutuhan pangan terhadap masyarakat “Kota Salak”.

Pasang Iklan

Pada momen Hari Pangan Sedunia ke-43, Pemko Padangsidimpuan menggelar Pasar Murah sebagai wujud solusi cukupi ketersediaan bahan pokok ke masyarakat, Senin (16/10) siang di Alaman Bolak.

Pj Wali Kota Padangsidimpuan, H Letnan Dalimunthe, MKes, yang memimpin kegiatan itu, menyatakan, bahwa Pasar Murah ini bertujuan untuk mempermudah dan membantu masyarakat penuhi kebutuhan pokok.

“Pemko Padangsidimpuan, dengan melibatkan unsur Forkopimda yang ada berupaya semaksimal mungkin, untuk menjawab berbagai kesulitan di tengah masyarakat. Salah satunya dalam memenuhi kebutuhan pokok,” ucap Letnan usai kegiatan.

Pasang Iklan

Selain itu, lanjut Letnan, kegiatan ini juga sebagai upaya menekan laju , demi menjaga kestabilan . Untuk itu, Pemko Padangsidimpuan hadir memberi solusi guna menjaga inflasi .

“Mudah-mudahan, kegiatan ini dapat bermanfaat serta bisa memenuhi kebutuhan pokok masyarakat. Agar, tidak ada masyarakat di Kota Padangsidimpuan yang kesulitan peroleh bahan pangan,” harapnya.

Harga Bahan Pokok di Pasar Murah

Sementara, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Padangsidimpuan, Ir Chairunnisa Daulay, MM, merinci bahwa, ada beberapa jenis bahan pokok yang dihadirkan pada gelaran Pasar Murah ini.

Untuk Beras, tersedia sebanyak 10 Ton dengan ukuran masing-masing 5 Kg seharga Rp54 ribu dari harga umum senilai Rp65 ribu. Kemudian, Pasir tersedia 200 Kg dengan ukuran masing-masing 1 Kg.

“Yang mana, di Pasar Murah ini harga jual Gula Pasir senilai Rp14 ribu. Di sini, lebih murah dari harga pada umumnya yakni, Rp16 ribu,” jelasnya dalam acara yang mengusung tema Water is Life, Water is Food.

Selanjutnya, Minyak Goreng tersedia di Pasar Murah sebanyak 200 Kg dengan ukuran masing-masing 1 Kg seharga Rp14 ribu. Yang mana, harga pada umumnya di pasaran senilai Rp15 ribu.

Lalu, Bawang Merah tersedia di Pasar Murah sebanyak 100 Kg dengan harga per 1 Kg senilai Rp18 ribu. Yang mana, juga lebih murah dari harga di pasaran yakni, Rp21 ribu.

Untuk Bawang Putih, stok tersedia di Pasar Murah sebanyak 30 Kg dengan harga per 1 Kg senilai Rp32 ribu, yang lebih murah dari harga di pasaran yaitu senilai Rp36 ribu.

Ada juga, Cabai Merah, stok tersedia di Pasar Murah sebanyak 50 Kg dengan harga per 1 Kg yaitu Rp24 ribu, yang mana lebih murah dari harga di pasaran yang mencapai Rp40 ribu.

“Terakhir, Telur ayam stok tersedia 100 papan dengan harga per papan senilai Rp44 ribu. Yang mana, ini juga lebih murah dari harga pasaran yang berkisar Rp52 ribu,” pungkasnya.

Dukungan

Terpisah, Kasat Binmas , AKP Sulhan A Siregar, SH, yang juga hadir menjelaskan, bahwa Polri mendukung penuh upaya menjaga dan mencukupi stok pangan.

“Dengan tercukupinya stok pangan, muaranya harapan kita di Kota Padangsidimpuan terus berkurang. Sehingga, di Kota Padangsidimpuan juga aman dan kondusif,” sebutnya.

Muhammad Reza Fahlevi

xAyu Octa Lip care Serum