Kamis, 25 Jul 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

PT AR Apresiasi Petani Milenial, Bupati : Majukan Pertanian di Tapsel

waktu baca 4 menit
Rabu, 27 Sep 2023 17:40 0 246 Muhammad Reza Fahlevi

READNEWS.ID, – Bupati, H Dolly Pasaribu, SPt, MM, berharap, agar kiranya milenial mampu majukan sektor pertanian di (Tapsel). Selain majukan pertanian di Kabupaten Tapsel, Bupati juga berharap para petani milenial mampu menjadi influencer bagi sesama profesi.

Pasang Iklan

“Dengan hadirnya petani milenial, harapan kami Tapsel nanti jadi lebih bersemangat dalam bertani,” ucap Bupati saat membuka Gelar Karya Tani Mandiri (GKTM) memperingati Hari Tani Nasional tahun 2023 yang diinisiasi PT Agincourt Resources (AR), Senin (25/9/2023) pagi di Sopo Daganak, Batang Toru, Kabupaten Tapsel.

Dalam acara yang juga dihiasi dengan penobatan 15  petani milenial di Kabupaten Tapsel itu, Bupati juga berharap, agar nanti para generesi Z mulai tertarik untuk bertani. Tentunya, ia juga berharap peran serta 15 aktor petani milenial yang menjadi juara dalam peringatan Hari Tani Nasional tersebut, dalam mengembangkan sektor pertanian di Tapsel.

Karena sebelumnya, kata Bupati, 15 aktor petani milenial yang menyabet juara dari PT AR ini, telah menunjukkan karya nyata di dunia pertanian. Maka, sudah barang tentu para aktor petani milenial memiliki ilmu yang mumpuni, dan harapannya bisa menular ke kalangan masyarakat.

Pasang Iklan

“Jadi harapan kami, tidak hanya sebatas hari ini saja menunjukkan karya nyatanya. Para aktor petani milenial, teruslah berbuat bagi masyarakat,” imbuhnya.

Manfaatkan Kembangkan Pertanian

Bupati menambahkan, dengan adanya perkembangan teknologi, seharusnya para petani milenial dapat beradaptasi dan memanfaatkan hal tersebut untuk kemajuan dan perkembangan pertanian di Tapsel. Karena, harusnya teknologi dapat bermanfaat bagi kemajuan bersama.

“Harapannya ke para pemenang agar kiranya menjadi pelopor kemajuan pertanian di Tapsel,” pungkasnya.

Pertanian Tingkatkan Kesejahteraan

Kepala Dinas Pertanian Tapsel, Bismark Siregar, dalam sambutannya menyebut, bahwa pihaknya saat ini terus berfokus pada kita peningkatan SDM Penyuluh, kelompok tani, dan petani itu sendiri. Mengingat, pertanian memegang peranan penting pada peningkatan kesejahteraan di Kabupaten Tapsel.

“Kami menilai, lahirnya para aktor petani milenial di Kabupaten Tapsel ini, sudah berjalan dengan baik. Salah satunya, adalah terbentuknya P4S (Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya). Kami berharap ke aktor petani milenial nanti, benar-benar menjiwai profesi bertani,” ungkapnya.

30 Finalis Petani Milenial

Sebelumnya, PT AR telah menetapkan 30 finalis petani milenial. Dari 30 petani itu, 15 di antaranya menyabet gelar juara sebagai aktor petani milenial di Tapsel. Juara pertama, kepada Herman H Harahap dari Desa Baringin, Kecamatan Sipirok. Juara kedua jatuh kepada, Amar Husin Sitompul dari Desa Huraba, Kecamatan Angkola Timur.

Sedangkan Juara ketiga, jatuh kepada Saddam Husein Rambe dari Kelurahan Aek Pining, Kecamatan Batang Toru. Kemudian, seterusnya yang meraih juara antara lain, Davis Fernando, Wardah Murti Harahap, Arif S Hasibuan, Pandapotan Saputra, Andre Ilham, Ahmad F Batubara, Riskon Mulyadi, Rahmad S Simatupang, Damu RS Nasution, Parlaungan Simanjuntak, M Azis Hutasuhut, dan Muhya Wahyu Rambe.

Selanjutnya, Bupati Tapsel menyerahkan penghargaan dan sertifikat ke Juara pertama hingga ketiga secara simbolis. Sementara, General Manager Operational (GMO) PT AR, Rahmat Lubis, dan Kepala Dinas Pertanian Tapsel, Bismark Maratua Siregar, juga menyerahkan penghargaan dan sertifikat ke para aktor petani milenial.

Sebagai informasi, PT AR menginisiasi gelaran GKTM memperingati Hari Tani Nasional tahun 2023 ini bekerja sama dengan Dinas Pertanian Tapsel dan Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Jambi. Dalam kesempatan ini, Bupati Tapsel juga menyerahkan Piagam Penghargaan ke PT AR dan Bapeltan Jambi.

Karena, menganggap PT AR dan Bapeltan Jambi turut berkontribusi dalam memajukan pertanian di Kabupaten Tapsel. Tak hanya itu, Bupati Tapsel dan PT AR juga menerima Penghargaan dari Bapeltan Jambi. Atas dukungannya dalam mengembangkan sektor pertanian di , khususnya Kabupaten Tapsel.

Diwarnai Stand BPP dan Galeri

Dalam kegiatan ini, setidaknya ada 15 stand dari Balai Penyuluh Pertanian (BPP) se-Kabupaten Tapsel yang tampil. Selain itu, tampil juga stand dari Galeri UMKM Kelompok Binaan Tambang Emas Martabe. Kegiatan berlanjut dengan Work Shop terkait pembinaan di dunia pertanian.

Turut hadir, Kepala Badan Pusat Statistik Tapsel, Zainal Arifin. Para Pimpinan OPD se-Kabupaten Tapsel. Camat Batang Toru, Mara Tinggi Siregar, dan Muara Batang Toru. Danramil 01/Batang Toru, Kapten Inf H Sirait. Para Kepala Desa se-Kecamatan Batang Toru dan Muara Batang Toru. Serta, para tamu undangan lainnya.

Muhammad Reza Fahlevi

xAyu Octa Lip care Serum