Kamis, 25 Jul 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Tangkal Hoaks, Bawaslu Poso Gelar Rakor Serta Laksanakan Ikrar Pemilu Damai

waktu baca 3 menit
Rabu, 29 Nov 2023 11:45 0 110 Syamsuyadi DS

READNEWS.ID, Gelaran kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Damai oleh Bawaslu Poso selain dikuti oleh 18 Partai Politik juga dilaksanakan penandatanganan 5 Poin deklarasi damai yang dilaksanakan di hotel Ancyra Poso, Selasa (28/11/).

Pasang Iklan

Selain di hadiri Poso yang di wakili Kaban kesbang Pol, Markama Lasimpala, tampak juga sejumlah pejabat yang hadir antara lain, Kapolres Poso yang di wakili Waka Polres Basrum Sychbutuh, SH, Komdan Kodim yang di wakili Pasi Ontel, Lettu Inf Jhony Palandi, Kajari Poso yang di wakili Aleks, JF, ketua Poso, diwakili Pamud Perdata, Hendra SH, serta sejumlah pejabat lingkup Pemkab Poso

Badan (Bawaslu) Kabupaten Poso menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pemilu Damai Bersama Partai Politik dan penandatangan 5 point Deklarasi Damai Pemilu 2924, di Ancyra Hotel Poso, Selasa (28/11-23).

Sementara itu, dalam sambutanya Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Poso Markarma Lasimpala, SP. MP mewakili Bupati Poso antara lain menyatakan apresiasnya i dan berterima kasih kepada ketua dan seluruh komisioner Bawaslu Kabupaten Poso yang telah menginisiasi acara dalam rangka menjaga stabilitas politik di wilayah ini.

Pasang Iklan

“Mengingat Pemilu menjadi salah satu momentum penting bagi sebuah negara yang menganut demokrasi, dikatakan demikian karena Pemilu selalu berasosiasi langsung bahkan dijadikan standar atau tolak ukur untuk menilai kualitas demokrasi suatu bangsa,” kata Kaban Kesbangpol Markarma Lasimpala membacakan sambutan Bupati Poso.

Ia berharap pelaksanaan Pemilu 2024 jangan sampaikan menimbulkan perpecahan dan merusak tata kehidupan didalam bernegara. Oleh karena itu seluruh pemangku kepentingan harus bertanggung jawab mewujudkan Pemilu damai dengan memperkuat narasi-narasi Pemilu damai ditengah masyarakat.

Divisi Pencegahan dan Partisipasi Masyarakat Bawaslu Poso, Wisnu Pratala, ST.,M.Si mengatakan, Rakor ini merupakan tahapan kampanye, sehingga dalam tahapan akan melakukan pengawasan teman-teman Parpol atas kegiatan kampanye yang dilaksanakan baik secara terbuka maupun tertutup.

Menurutnya, kegiatan saat ini sesuai dengan Perbawaslu Tahun 2023 terkait dengan PKPU tentang pelaksanaan kampanye peserta Pemilu.

Wisnu mengingatkan agar bersama-sama menjaga proses Pemilu di Kabupaten Poso agar lebih baik, dimana indeks kerawanan yang disampaikan oleh RI bahwa Kab. Poso merupakan salah satu yang masuk dalam tingkat kerawanan.

Ia mengimbau kepada Parpol untuk tidak alergi terhadap petugas Bawaslu yang ditugaskan di setiap tingkatan wilayah karena mereka bertugas untuk mengawasi proses kampanye.

Rakor tersebut dilanjutkan penandatangan 5 point Deklarasi Damai Pemilu 2924, dari Forkopimda, KPU, perwakilan Partai Politik.

Berikut ini 5 point Deklarasi Pemilu Tahun 2024

  1. Menjaga keutuhan negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan pancasila dan 1945
  2. Mewujudkan Pemilu 2024 yg langsung, umum, bebas rahasia, jujur dan adil
  3. Tunduk dan patuh pada Peraturan perundang-undangan yg berlaku di Negara Kesatuan RI
  4. Menolak segala bentuk penyebaran hoaks, Kampanye hitam, ujaran kebencian, politik uang dan Politisasi SARA
  5. Mendukung segala upaya dalam bentuk pencegahan Bawaslu Kabupaten Poso.(SYM)
xAyu Octa Lip care Serum