Kamis, 13 Jun 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Dihantam Sungai Malombu, Jalan Lintas di Tapsel Terputus

waktu baca 2 menit
Selasa, 14 Nov 2023 23:55 0 172 Muhammad Reza Fahlevi

READNEWS.ID, – Kuat dugaan akibat kuatnya hantaman luapan air Sungai Malombu, ruas Jalan Lintas Pantai Barat di (Tapsel), akhirnya terputus.

Pasang Iklan

Akibat ruas Jalan Lintas Pantai Barat dari Angkola Sangkunur, Kabupaten Tapsel menuju Mandailing yang terputus usai kena hantam Sungai Malombu itu, kenderaan roda 4 ke atas tak bisa melintas.

“Hanya, kenderaan roda dua saja yang bisa melintas dan harus ekstra hati-hati,” terang Toru, AKP Tona Simanjuntak, SH, usai meninjau ruas Jalan Lintas Barat yang terputus, Selasa (14/11) pagi.

Menurut Kapolsek, Sungai Malombu meluap, kuat dugaan akibat curah hujan deras yang melanda kawasan itu belakangan ini. Guna perlancar arus , maka petugas membuat pengalihan arus.

Pasang Iklan

“Hal ini sebagai upaya alternatif, yakni melalui Desa Bandar Tarutung menuju Desa Segala-gala dan kembali ke jalur lalu lintas utama menuju Batang Toru,” urai Kapolsek.

Namun demikian, ungkap Kapolsek, untuk distribusi bahan-bahan pokok ke desa-desa yang berbatasan dengan jalur lintas terpantau masih lancar tanpa hambatan.

Saat ini, pihaknya telah melakukan upaya koordinasi dengan Dinas Tapsel, PPK, Balai Jalan Provinsi, dan PT Rimbo Paraduan. Tujuannya, untuk mendatangkan alat berat guna membuka akses jalan sementara.

Pihaknya, juga meminta izin ke Manager PTPN III Hapesong, untuk mengikis dinding Tebing di Lahan Kebun. Dengan tujuan, untuk membuka akses jalan sementara agar tidak terjadi kemacetan.

Sehingga, harap Kapolsek, dapat mempercepat penanganan awal untuk membuka akses Jalan Lintas antar kabupaten. Serta, mempercepat arus lalu lintas dan aktifitas dapat aktif kembali di jalur tersebut.

“Kami menghimbau ke masyarakat, khususnya Desa Hapesong Baru dan sekitarnya yang bermukim di tepi Sungai Malombu, agar tetap waspada. Terutama, akan luapan air besar yang bisa menyebabkan bandang,” pungkas Kapolsek.

Muhammad Reza Fahlevi

xAyu Octa Lip care Serum