Rabu, 23 Okt 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Janggal, Pemko Padangsidimpuan Tahun Ini Tidak Melaksanakan Kurban

waktu baca 3 menit
Sabtu, 15 Jun 2024 23:20 0 117 M Rizky Hidayatullah

READNEWS.ID, – Pemko Padangsidimpuan pada tahun ini atau bulan Dzulhijjah tidak akan melaksanakan Kurban di 1445 Hijriah. Tentunya, ini menuai kejanggalan di kalangan masyarakat Muslim yang ada di .

Pasang Iklan

Sebab, Pemko Padangsidimpuan tidak melaksanakan ibadah Kurban hewan ternak ini tidak lazim seperti biasanya. Di kota Padangsidimpuan sendiri, masyarakat biasanya akan laksanakan penyembelihan di berbagai titik. Baik itu di Masjid atau perseorangan.

Biasanya, Pemko Padangsidimpuan dan jajaran selalu mengambil bagian berkurban, dengan cara menyerahkan beberapa hewan Kurban kepada masyarakat. Nantinya, masyarakat akan mendapat bagian dari hewan Kurban tersebut.

Meski tidak berkurban seperti biasa, terkait kesehatan, melalui Dinas Pertanian, Pemko Padangsidimpuan sudah memeriksa hewan Kurban, baik itu sapi, kerbau, dan kambing di sejumlah kandang.

Pasang Iklan

coba konfirmasi Kepala Padangsidimpuan, Nurcahyo B Susetyo. Nurcahyo membenarkan bahwa di ‘Idul Adha tahun ini, Pemko Padangsidimpuan dan jajaran tidak ada berkurban. Tapi, ia enggan beberkan alasan terkait itu.

“Nggak ada Bang kurban dari Pemko (Padangsidimpuan) untuk tahun ini,” jawab Nurcahyo.

Sedangkan untuk jumlah hewan Kurban sembelihan se-kota Padangsidimpuan, Nurcahyo sarankan agar awak media menanyakan langsung kepada Kepala Dinas Pertanian Padangsidimpuan.

“Berapa jumlahnya, coba sama Kadis (Kepala Dinas) Pertanian, Bang. Mungkin, dia ada datanya,” tambahnya.

Sementara, Plt Kabag Humas Setda Pemko Padangsidimpuan Daulat Parlaungan, menyebut bahwa belum terkonfirmasi dari Bagian Kesra, apakah akan melaksanakan Kurban atau tidak.

“Belum terkonfirmasi dari Bagian Kesra, sebagai panitia yang biasa. Nanti saya tanyakan dulu ya, Pak,” jawabnya.

Awak media juga mengonfirmasi Kabag Kesra Setda Pemko Padangsidimpuan yang biasanya sebagai Panitia Kurban. Namun, Kabag Kesra sama sekali tidak menjawab. Padahal, pesan konfirmasi via pesan WhatsApp sudah terbaca dan centang dua.

Disayangkan

Menanggapi hal ini, Indra salah seorang yang pernah ikut bekerja menyembelih hewan Kurban di Pemko Padangsidimpuan sangat menyayangkan tidak adanya kebijakan terkait itu. Sebab menurutnya, momen ini adalah untuk umat.

“Saya jadi menduga-duga, selama menjabat, Bapak , Letnan Dalimunthe ini, sama sekali tidak ada niatan membuat suatu kebijakan untuk kepentingan umat. Apa iya, Bapak ini sibuk dengan berpolitik, jadi lupa untuk kepentingan umat?” tanya Indra keheranan.

Apalagi, lanjut Indra, belum lama ini ia membaca berita terkait Pj Wali Kota yang diam-diam sudah mendaftar ke beberapa Partai politik untuk mencalonkan diri maju di Padangsidimpuan.

“Miris kita mendengar kabarnya, sangat sayang memang. Semoga aja, dugaan saya ini tidak benar atau pun tidak ada nuansa kesibukan politik di dalamnya. Sehingga, tidak ada hewan Kurban dari Pemko Padangsidimpuan dan jajarannya,” pungkasnya.

M Rizky Hidayatullah

xAyu Octa Lip care Serum