Rabu, 23 Okt 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Masyarakat Diminta Hati-Hati Dalam Memilih Bus Pariwisata

waktu baca 2 menit
Senin, 10 Jun 2024 15:11 0 205 Abd Latif

READNEWS.ID, – Dirgakkum Korlantas Polri, Brigjen Pol Raden Slamet Santoso berharap masyarakat berhati-hati dalam memilih saat bepergian. Pastikan betul kondisi kendaraan dalam keadaan prima dan laik jalan sehingga aman sampai tujuan.

Pasang Iklan

“Tanyakan kepada yang bersangkutan, kendaraan apa yang digunakan, KIR-nya hidup atau tidak, administrasinya STNK masih hidup atau tidak. Kemudian kualitas dari pengemudinya bagus atau tidak itu silakan ditanya, sehingga kita bisa terjamin keselamatan serta keamanan kita, -anak kita, keluarga kita melakukan wisata di suatu tempat,” ujar Brigjen Slamet saat meninjau kesiapan bus pariwisata yang berlokasi di Taman Wisata Ragunan bersama Perhubungan Budi Karya Sumadi, Minggu (09/06/).

“Untuk masyarakat yang hendak menyewa kendaraan itu bisa cek di aplikasi Spionam, di situ sudah ada kriteria dan kondisi kendaraannya,” sambung dia.

Dirgakkum mengerahkan personelnya untuk melakukan gabungan terhadap bus-bus pariwisata bersama dengan jajaran dari Kementerian Perhubungan () guna mencegah terjadinya kasus kecelakaan yang fatal ke depannya.

Pasang Iklan

“Kami sudah rencanakan dan saya sudah keluarkan petunjuk arahan ke jajaran Dirlantas se- untuk melakukan pemeriksaan gabungan antara Kementerian Perhubungan, Provinsi/Kabupaten dengan Kepolisian dalam hal ini mulai dari Korlantas, Polda hingga Polres untuk pemeriksaan gabungan,” tutur Brigjen Slamet.

Tak hanya memeriksa pengemudi, Dirgakkum mengatakan akan memeriksa manajer operasional hingga pengusaha bus pariwisata saat terjadi kecelakaan fatal.

“Tidak menutup kemungkinan apabila masih melanggar nanti akan kami periksa bukan hanya pengemudinya tapi juga manajer operasionalnya dan pengusahanya apabila sampai terjadi kecelakaan yang lebih fatal dari beberapa hari yang lalu,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Dirjen Hubdat Risyapudin Nursin, Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Djunaedi, Direktur Jalan (LLJ) Kementerian Perhubungan Ahmad Yani. (AHK)

xAyu Octa Lip care Serum