Kamis, 13 Jun 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Menakar Figur Ideal Calon Pemimpin Kota Palu Periode 2024, Who’s The Next?

waktu baca 3 menit
Senin, 17 Apr 2023 23:53 0 1375 M Rizky Hidayatullah

READNEWS.ID, EDITORIAL – Tak terasa semakin dekat saja penghujung tahun . Tahun yang ditunggu-tunggu bagi seluruh untuk menentukan siapa saja yang kelak menjadi representasi suara mereka. Ditahun itu tak sekedar memilih calon anggota legislatif (caleg), tapi juga dan Negara.

Pasang Iklan

Evoria masyarakat mulai santer terdengar dari perbincangan pelataran rumah, , pinggiran jalan hingga ke tongkrongan warung kopi. Sejumlah nama mencuat dalam diskusi warga, diantaranya kembalinya nama kontestan sebelumnya Imelda Liliana Muhidin, dr. Hj. Reny A. Lamajido (Wakil Walikota saat ini), H. (Walikota saat ini), nama pendatang baru Ridha Saleh hingga Mantan Walikota periode sebelumnya 2016-2021 DR. H. Hidayat,M.Si.

Namun dibalik itu semua, ada satu kesamaan yang terbangun dalam diskusi warga. Yakni, warga menginginkan pemimpin kedepan tidak sekedar umbar janji tapi konkrit dalam aksi pembangunan disegala lini. Mampu menjadi pemimpin yang dapat mempererat , tidak baperan, anti korupsi dan yang lebih penting tidak menggunakan simbol agama sebagai bahan identitas.

Kota Palu yang masyarakatnya majemuk merupakan cermin keberagaman antar umat beragama dan strata sosial. Untuk itu dibutuhkan sosok pemimpin yang mampu menjadi perekat persaudaraan, menguatkan peran gotong royong sebagai akar persatuan. Sebab jika tidak demikian maka bisa dipastikan kondusifitas akan terganggu dan hal itu bakal berdampak pada stabilitas pembangunan.

Pasang Iklan

Selain itu, diharapkan pemimpin berikutnya mampu menuntaskan permasalahan penyintas. Banyaknya warga penyintas yang belum memiliki kepastian tempat tinggal dan harus segera diatasi, bukan sekedar menunggu janji namun tak kunjung ditepati.

Seperti yang dikemukakan Nasir Mangge, salah satu pemerhati kota terkait penyintas “Dua tahun kepemimpinan Hadianto Rasyid masalah penyintas jalan ditempat. Padahal beliau berjanji akan menyelesaikan masalah ini tiga bulan setelah dilantik” katanya melalui pesan whatsap kepada redaksi readnews.id

M Rizky Hidayatullah

xAyu Octa Lip care Serum