Kamis, 13 Jun 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Menanti Sikap Berani Penegak Hukum Dalam Pusaran Intervensi

waktu baca 3 menit
Rabu, 5 Apr 2023 21:36 0 535 M Rizky Hidayatullah

READNEWS.ID, – Penegakan di selalu menjadi perhatian utama . Hal ini disebabkan oleh tingginya angka dan penyalahgunaan kekuasaan yang merugikan negara. Seiring dengan meningkatnya ketertarikan masyarakat akan pentingnya independensi penegak hukum dalam mengemban keadilan, media-media lokal, nasional dan pun semakin mengedepankan pembahasan hukum.

Pasang Iklan

Kasus korupsi yang terjadi di Indonesia disebabkan oleh jarak yang terlalu jauh antara si kaya dan si miskin, yang membuat mayoritas masyarakat menginginkan tegaknya hukum.

Diharapkan bahwa dengan tegaknya hukum, dapat diketahui bagaimana seseorang mendapatkan kekayaan secara tidak sah dan para pelaku dapat dihukum sesuai dengan kesalahannya. Namun, apabila petugas hukum yang seharusnya bertindak sebagai wasit justru turut serta terlibat menggunakan kewenangannya untuk membelokkan kebenaran, akibat keinginan sendiri, godaan ataupun tekanan (intervensi), maka bagaimana hukum dapat ditegakkan?

lembaga penegak hukum di Indonesia, yaitu , , dan , semakin gencar dalam menegakkan hukum di negeri ini. Hal ini didukung oleh mayoritas masyarakat yang sangat menginginkan tegaknya hukum, terutama dalam mengungkap kasus-kasus korupsi yang merugikan negara.

Pasang Iklan

Meski begitu, terdapat keraguan tentang independensi penegak hukum dalam menjalankan tugasnya. Sebab praktek intervensi penegakan hukum masih saja ada dinegeri ini. Sehingga mempengaruhi kinerja dan independensi penegakan hukum.

M Rizky Hidayatullah

xAyu Octa Lip care Serum