Selasa, 23 Apr 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Mobil Damkar Pemalang Perlu Peremajaan

waktu baca 2 menit
Selasa, 15 Agu 2023 14:46 0 2589 Ragil Surono

READNEWS.ID, – Regu pemadam merupakan sebuah unit garda depan dalam menanggulangi musibah kebakaran, dimana perlengkapan dan sumber daya manusia tidak bisa luput dari peningkatan kemampuan dalam menaklukan ganasnya api.

Pasang Iklan

Perlengkapan seperti yang harus selalu siap dan maksimal bekerja, dengan didukung personil yang handal merupakan standar operasional yang harus dimiliki oleh setiap satuan regu pemadam kebakaran.

Kondisi salah satu armada milik unit pemadam Kebakaran (Damkar) Jawatengah dinilai sudah uzur dan bahkan tak laik pakai. Kondisi ini, menimbulkan keprihatinan juga menuai kritikan dari kalangan masyarakat, karena bisa berdampak pada kinerja yang kurang maksimal.

Usia mobil damkar yang sudah tua menjadikan unit truk ini tak lagi mampu bekerja secara optimal dalam menangani musibah kebakaran, baik , terlebih ladang kering disaat melanda akhir – akhir ini

Pasang Iklan

Seorang Kecamatan pemalang kota bernama Medy mengaku miris melihat kondisi unit Damkar yang dimiliki itu.

Dirinya mengatakan, salah satu unit mobil Damkar yang ada saat ini tak lagi sehat dan layak

“Terutama dalam hal performa atau kecepatan truk pemadam ini untuk tiba dilokasi. Sangat lelet, tidak bisa ngebut. Jadi banyak kejadian kebakaran yang kadang terlewatkan. Sampai lokasi, api sudah menjalar kemana mana,” ujarnya (15/8).

“Bahkan saya pernah melihat salah satu mobil damkar itu harus didorong untuk bisa menghidupkan mesin kendaraan” katanya seraya memperlihatkan wajah prihatin.

Kepala UPTD pemadam kebakaran Kabupaten Pemalang Diar Hendrayanto ketika di konfirmasi mengatatakan jika sudah lama Kondisi salah satu unit mobil damkar yang berjumlah 2 unit ini salah satu sudah perlu peremajaan, “Iya benar kondisinya seperti itu, kami sudah mengajukan pengadaan mobil damkar baru ke Pemkab tapi belum ada realisasi” katanya (Ragil Surono)

xPasang iklan readnews