Selasa, 23 Apr 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

PT AR Peringati Hari Tani Nasional, 15 Pemuda Jadi Pemenang Aktor Petani Milenial

waktu baca 4 menit
Rabu, 27 Sep 2023 17:38 0 143 Muhammad Reza Fahlevi

READNEWS.ID, – Dalam rangka memperingati tahun 2023, PT Agincourt Resources (AR) selaku pengelola Tambang Emas Martabe, memberikan apresiasi ke para aktor petani milenial di (Tapsel).

Pasang Iklan

Apresiasi, diberikan PT AR ke 15 aktor petani milenial di sela kegiatan Gelar Karya Tani Mandiri (GKTM) dalam rangka memperingati Hari Tani Nasional tahun 2023 di Sopo Daganak, Kecamatan Toru, Kabupaten Tapsel, Senin (25/9/2023) pagi.

Dalam sambutannya, General Manager Operasional (GMO) PT AR, Rahmat Lubis, dalam sambutannya mengurai, bahwa ia sangat percaya, profesi pertanian itu penting adanya. Kesalahan orang terdahulu adalah cara bertani dari para petani sendiri.

Sebagai anak petani, Rahmat tahu betul, betapa susahnya bertani di masa dahulu. Maka, pihaknya saat ini mencoba berikan penghargaan ke anak-anak muda yang mau bertani lewat aktor petani milenial. Harapannya, para petani milenial menjadi influencer untuk jadikan bertani sebagai profesi yang mentereng.

Pasang Iklan

“Dan kami berharap, para aktor petani milenial di Kabupaten Tapsel ini terus bertambah. Semoga, para petani milenial menikmati bertani atau bahkan menjadikan passion dalam hidupnya,” harap Rahmat.

70 Persen Masyarakat Tapsel Petani

Lebih jauh, Rahmat menjelaskan, bahwa, PT AR, akan mendukung penuh sektor pertanian di Kabupaten Tapsel. Mengingat, 70 persen masyarakat Tapsel, mayoritas berprofesi sebagai petani. Apalagi, banyak lahan pertanian strategis di Kabupaten Tapsel yang cenderung belum terberdayakan dengan baik.

Menurutnya, PT AR atau -perusahaan Tambang lain, tentu tak akan selamanya berdiri. Sedangkan profesi bertani, baginya, tidak akan ada matinya. Karena, masyarakat terus membutuhkan bahan pangan. Maka, dengan hadirnya petani, tentu akan menyuplai bahan makanan dan keberlangsungan kehidupan.

“Seperti halnya PT AR, yang saat ini miliki karyawan sebanyak lebih kurang 2.000 orang. Jika nanti PT AR tak beroperasi lagi, 2.000 orang itu, harapannya bisa menjatuhkan pilihan untuk bertani. Untuk itu, kita berikan dukungan penuh ke petani. Agar Kabupaten Tapsel tetap sejahtera,” urainya.

30 Finalis Petani Milenial

Sebelumnya, PT AR telah menetapkan 30 finalis petani milenial. Dari 30 petani itu, 15 di antaranya menyabet gelar juara sebagai aktor petani milenial di Tapsel. Juara pertama, jatuh kepada Herman H Harahap dari Desa Baringin, Kecamatan Sipirok. Juara kedua jatuh kepada, Amar Husin Sitompul dari Desa Huraba, Kecamatan Angkola Timur.

Sedangkan Juara , jatuh kepada Saddam Husein Rambe dari Kelurahan Aek Pining, Kecamatan Batang Toru. Kemudian, seterusnya yang meraih juara antara lain, Davis Fernando, Wardah Murti Harahap, Arif S Hasibuan, Pandapotan Saputra, Andre Ilham, Ahmad F Batubara, Riskon , Rahmad S Simatupang, Damu RS Nasution, Parlaungan Simanjuntak, M Azis Hutasuhut, dan Muhya Wahyu Rambe.

Selanjutnya, Bupati Tapsel, H Dolly Pasaribu, SPt, MM, menyerahkan penghargaan dan sertifikat ke Juara pertama hingga ketiga secara simbolis. Sementara, GMO PT AR, Rahmat Lubis, dan Kepala Dinas Pertanian Tapsel, Bismark Maratua Siregar, juga menyerahkan penghargaan dan sertifikat ke para aktor petani milenial.

Sebagai informasi, PT AR menginisiasi gelaran GKTM memperingati Hari Tani Nasional tahun 2023 ini bekerja sama dengan Dinas Pertanian Tapsel dan Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Jambi. Dalam kesempatan ini, Bupati Tapsel juga menyerahkan Piagam Penghargaan ke PT AR dan Bapeltan Jambi.

Karena, menganggap PT AR dan Bapeltan Jambi turut berkontribusi dalam memajukan pertanian di Kabupaten Tapsel. Tak hanya itu, Bupati Tapsel dan PT AR juga menerima Penghargaan dari Bapeltan Jambi. Atas dukungannya dalam mengembangkan sektor pertanian di , khususnya Kabupaten Tapsel.

Diwarnai Stand BPP dan Galeri UMKM

Dalam kegiatan ini, setidaknya ada 15 stand dari Balai Penyuluh Pertanian (BPP) se-Kabupaten Tapsel yang tampil. Selain itu, tampil juga stand dari Galeri UMKM Kelompok Binaan Tambang Emas Martabe. Kegiatan berlanjut dengan Work Shop terkait pembinaan di dunia pertanian.

Turut hadir, Kepala Badan Pusat Statistik Tapsel, Zainal Arifin. Para Pimpinan OPD se-Kabupaten Tapsel. Camat Batang Toru, Mara Tinggi Siregar, dan Muara Batang Toru. Danramil 01/Batang Toru, Kapten Inf H Sirait. Para se-Kecamatan Batang Toru dan Muara Batang Toru. Serta, para tamu undangan lainnya.

Muhammad Reza Fahlevi

xPasang iklan readnews