Kamis, 13 Jun 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Tiga Terduga Spesialis Pencuri HP Asal Kota Palu, Diringkus Buser Sat Reskrim Polres Poso

waktu baca 2 menit
Rabu, 30 Agu 2023 22:04 0 80 Syamsuyadi DS

READNEWS.ID, POSO – Tiga terduga spesialis pencurian HP dan Laptop asal , berhasil diringkus unit Buser Sat Reskrim Poso.

Pasang Iklan

Seperti yang disampaikan Poso, AKBP Riski Fara Sandhy, dihadapan sejumlah awak media, ketiga pelaku masing masing beriniial Z, seorang residivis asal kecamatan Palu Barat, MI warga kecamatan Palu Barat dan FH warga kecamatan Palu Selatan. Dimana ketiga terduga telah melakukan berbagai aksi tindak pidana pencurian di wilayah kabupaten , Kota Palu, , dan .

“Ketiga terduga berhasil diamankan usai melakukan berbagai aksi pencurian di tiga wilayah kabupaten dan satu wilayah kota, di Provinsi Sulawesi Tengah” ungkap Kapolres Poso yang turut didampingi Wakapolres Kompol Basrum dan Kapolsek Pamona Utara, AKP Felix Saudale, Rabu (30/8/2023).

Adapun kronologis penangkapan kata Kapolres, hal terjadi pada Sabtu 26 Agustus 2023 di Kelurahan Sawidago, Kecamatan Pamona Utara, kabupaten Poso, Ketiga pelaku tersebut berbagi tugas masuk di rumah warga dan kios untuk melakukan aksi pencurian.

Pasang Iklan

Tepatnya di Kelurahan Sangele, Kecamatan Pamona Puselemba, pelaku Z masuk ke kios BRI link mengambil satu buah handphone dan TKP lainnya di Kelurahan Tentena, Kecamatan Pamona Utara, pelaku lainnya juga masuk disalah satu rumah warga dan mengambil satu handphone pemilik rumah.

Namun saat akan kembali melakukan aksi pencurian di rumah warga lainnya, pelaku kepergok pemilik rumah lalu kabur dan dikejar warga.

Mengetahui ada aksi pencurian, massa pun menghadang pelaku Z dan FH yang berusaha kabur dengan menggunakan mobil ke arah Desa Taripa dan Pendolo

Kapolres menyebut, bahkan dua pelaku yang berada di mobil Honda Brio itu menerobos pos palang saat aksi kejar-kejaran, hingga akhirnya mobil pelaku terperosok di sebuah parit di Desa Korobono, dan pelaku berhasil diamankan Polsek Pamona Utara bersama warga setempat.

Sedangkan satu pelaku lainnya yaitu MI diamankan Polsek Pamona Utara saat mencoba kabur dengan sepeda motor.

“Hasil penyelidikan, ketiga melakukan pencurian di empat wilayah dengan total barang bukti 12 buah handphone,” Terang Kapolres Poso.

Barang bukti tersebut 2 buah handphone hasil curian dari kota Palu, Donggala 1 buah handphone, 7 buah handphone dan Poso 2 buah handphone yang diambil para pelaku.

Kapolres Poso, Riski Fara Sandhy menyampaikan, ketiga pelaku yang jadi tersangka melakukan aksi pencurian dengan berpura-pura tanya alamat, dan motifnya karena terhimpit .

Kini pelaku disangkakan dugaan tindak pidana pencurian pasal 363 ayat 1 ke 4E KUHP ancaman 7 tahun penjara. (SYM)

xAyu Octa Lip care Serum