Rabu, 19 Jun 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Apem Comal Melekat Erat Pada Daun Pisang

waktu baca 2 menit
Jumat, 3 Nov 2023 00:08 0 358 Ragil Surono

READNEWS.ID, jajanan khas Comal ini, merupakan kue basah yang berwarna coklat tua,Tampilannya unik karena kuenya sudah sepaket dengan alasnya berupa daun pisang yang menempel sudah dibentuk agak bulat.

Pasang Iklan

Cita rasa serta aroma apem Comal yang terbuat dari gilingan tepung dan jawa, sejak dahulu, memang terus terjaga hingga kini.

Rasa manisnya apem Comal, pas dan tidak membosankan, legit manisnya sudah ditakar khas, ada beberapa pendapat terkait penamaan kue jajanan pasar berbentuk bulat tipis tersebut,

Dasri ( 60 ) seorang pedagang Apem di dalam pasar Comal, ketika ditemui ditempat jualannya, pada kamis siang ( 2/11/2023 ) mengatatakan jika semenjak dahulu jajanan kue apem sudah dinamakan Apem Comal,

Pasang Iklan

“Dari saya kecil ya disebutnya apem Comal,” Katanya singkat.

Ada yang mengatakan jika nama Apem kepanjangan dari kata Asli Pemalang, ada juga yang berpendapat, Apem berasal dari Arab Afuan atau Afuwun yang berarti ampunan, lalu karena lidah orang Jawa sulit mengatakan, akhirnya kata Afuan di ucapkan Apem, belum ada sumber yang pasti tentang penamaan kue Apem Comal tersebut.

Proses pembuatan apem Comal masih menggunakan cara-cara tradisional, namun justru inilah kekhasan jajanan ini yang sampai sekarang masih tetap terjaga.

Bahan dasar pembuatan apem Comal ini berupa tepung beras dan gula merah. Warna coklat tua didapat dari gula merah. apem Comal sudah melekat menjadi kuliner khas Pemalang, namun dari beberapa informasi, konon ternyata pembuatan kue ini dilakukan oleh Kesesi, Kabupaten ( Ragil Surono ).

xAyu Octa Lip care Serum