Kamis, 13 Jun 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Harga Gas Bersubsidi Melambung, Bupati Poso keluarkan Surat Edaran

waktu baca 2 menit
Rabu, 6 Sep 2023 17:48 0 104 Syamsuyadi DS

READNEWS.ID, – Sulitnya Poso mendapatkan bersubsidi mendorong Poso dr. Verna GM Inkiriwang mengeluarkan surat edaran dalam rangka memastikan distribusi gas Elpiji 3 kg menjadi tertib.

Pasang Iklan

Langkanya masyarakat Poso mendapatkan gas elpiji bersubsidi ini, berdampak pada harga gas elpiji 3 kg yang sampai kepada masyarakat mencapai harga yang sangat melambung jauh diatas harga eceran tertinggi (HET).

Dalam surat edaran yang ditujukan kepada seluruh pangkalan gas elpiji bersubsi itu, secara tegas menyatakan, kalau penyaluran gas LPG tiga kilogram hanya diperuntukkan oleh kelompok tertentu.

Adapun kelompok dimaksud, rumah tangga miskin, kelompok usaha kecil mikro, kelompok sasaran, dan kelompok sasaran.

Pasang Iklan

“Langkah ini juga dilakukan sebagai antisipasi dengan banyaknya pangkalan yang tidak menyalurkan kepada yang berhak dan maraknya penjualan LPG 3 kilogram di eceran yang harganya melambung,” kata kepala bidang perdagangan Dinas Kumperindag Poso, Amrullah Malewa Rabu (06/9).

Ditambahkanya, dalam surat edaran tersebut, pangkalan atau sub penyalur agar melayani penjualan gas elpiji 3 kilogram sesuai peruntukan. Bagi pangkalan yang melanggar ketentuan tersebut akan dikenakan sanksi sesuai peraturan dan ketentuan yang berlaku,” ucap Amrullah.

Surat Edaran (SE) Bupati Poso diantaranya disebutkan, mendistribusikan LPG 3 Kg ke pangkalan oerdasarkan jumlah Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), Usaha Mikro dan masyarakat tidak mampu yang tidak terdaftar dalam DTKS dengan menggunakan Surat Keterangan Lemah yang di tandatangani Lurah / kepala Desa setempat. Selain itu, tidak membuka pangkalan baru di Kelurahan atau desa yang padat pangkalannya.

Ketentuan penyesuaian harga eceran tertinggi pendistribusian LPG tabung 3 kg di wilayah sesuai surat keputusan Bupati Poso Nomor 188.450310/202, tentang perubahan atas keputusan Bupati Poso Nomor 138.45 / 1388/ 2020, tentang penetapan harga eceran tertinggi LIOUEFIED PETROLEUM Gas tabung 3 Kg bersubsidi di Kabupaten Poso. Yang di bagi dalam beberapa wilayah antara lain wilayah kecamatan Poso Kota, Poso Kota Selatan, Poso Kota Utara, Poso Pesisir, Poso Pesisir Utara, Poso Pesisir Selatan, Lage, HET sebesar RP 18.000.

Sementara wilayah Pamona Utara, Poso Pesisir Utara, Pamona Puselemba, Pamona Tenggara, Pamona Timur, Pamona Barat, HET RP 19800, sedangkan untuk wilayah Lore Utara, Lore Peore, dan Lore Timur sebesar RP: 23.000, sementara untuk Lore Tengah, Lore Barat Lore dan Lore Selatan Selatan, HET sebesar Rp. 24.200. (SYM)

xAyu Octa Lip care Serum