Rabu, 23 Okt 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Miliki Pontensi Kerawanan Netralitas ASN Pemilu 2024, Pemda Poso Siapkan Antisipasi

waktu baca 2 menit
Jumat, 22 Sep 2023 22:25 0 145 Syamsuyadi DS

READNEWS.ID, Lahirnya rilis kerawanan netralitas oleh Bawaslu RI, khususnya di 10 Provinsi dan 20 kabupaten/kota se – Indonesia, pada kontestasi politik mendatang, hal ini sungguh memprihatinkan serta dikhawatirkan akan mencederai spirit dalam kehidupan demokrasi di negeri ini.

Pasang Iklan

Ironisnya, untuk wilayah Sulawesi Tengah, ternyata wilayah kabupaten Poso, pada posisi puncak sebagai daerah yang memiliki potensi tertinggi dalam indeks kerawanan dalam Pemilu serentak pada tahun 2024 mendatang .

daerah kabupaten Posp, melalui Pj Sekab, Ir. Heningsih Tampai. M.Si, pada sejumlah antara lain menyatakan, diakuinya, pemerintah telah mendapatkan informasi terkait hasil rilis tersebut. Makanya kata Heningsih, Pemerintah Daerah oleh bupati Poso telah merencanakan rapat kerja dengan melibatkan jajaran seperti, para camat, lurah serta kepala desa/BPD.

“Bahkan akan melibatkan Forkompimda untuk membahas yang prinsipnya menekankan pada persoalan netralitas ASN Pada pemilu dan memdatang” ungkap Heningsih, saat di konfirmasi via telpon, Jumat ( 22/09/2023).

Pasang Iklan

Lebih jauh dikatakan Heningsih, sebenarnya pihak telah meyiapkan materi terkait apa yang telah di sampaikan pihak Bawaslu RI, namun karena ada beberapa agenda kerja yang di pusatkan serta menjadi tanggung jawab pemerintah daerah kabupaten Poso sepeti, Festival Danau Poso (FDP) dan pencanangan seribu megalitik. Kami telah merencanakan pasca FDP, ini akan menjadi materi oleh Pemda Poso ” terangya.

Saat disinggung terkait parameter apa yang akan dilakukan pihak Pemda, jika menemukan tidak netralnya ASN dalam proses Pemilu serentak 2024, jawab Sekab, pihaknya akan selalu mangacu pada pedoman atau aturan main yang berlaku. “Yang pasti setiap pelanggaran akan di proses sesuai aturan main yang berlaku” jelasnya.

Menariknya, terkait adanya isu pergeseran di sejumlah kepala tingkat SD dan SMP se Kabupaten Poso yang syarat akan nuansa politis, sehingga hal ini bisa menjadi salah indikator lahirnya opini Bawaslu RI, Heningsih menegaskan, kalau hal ini dirinya belum mendengarkannya. “Kalau masalah tersebut, sebaiknya ditanyakan pada pejabat lama” Pungkasnya. (SYM)

xAyu Octa Lip care Serum