Sabtu, 20 Jul 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Ngeri, 700 Ribu Kasus Penyakit TBC Ditemukan Sepanjang Tahun 2022

waktu baca 1 menit
Kamis, 27 Jul 2023 14:22 0 765

READNEWS.ID – Sebagai salah satu upaya pencegahan penularan Tuberkulosis (), Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Pemalang mengadakan sosialisi penanggunglanganTBC kepada pemasyarakatan pada Kamis (27/07).

Pasang Iklan

Kegiatan ini terlaksana atas kerja sama Pemalang dengan mitra kerja di bidang pelayanan , Puskesmas Kebondalem.

Dalam paparannya, Aldo dari Puskesmas Kebondalem, menyampaikan bahwa penularan TB dapat dicegah dengan cara menggunakan masker atau menutup mulut sewaktu batuk dan bersin, tidak meludah disembarang tempat, makan makanan bergizi dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Dilansir dari laman Kesehatan Republik , tahun 2022 Kementerian Kesehatan bersama seluruh tenaga kesehatan berhasil mendeteksi tuberculosis (TBC) sebanyak lebih dari 700 ribu kasus. Angka tersebut merupakan angka tertinggi sejak TBC menjadi prioritas Nasional.

Pasang Iklan

Penyakit tuberkulosis (TBC) di Indonesia menempati peringkat setelah India dan Cina, yakni dengan jumlah kasus 824 ribu dan kematian 93 ribu per tahun atau setara dengan 11 kematian per jam. Berdasarkan Global TB Report tahun 2022 jumlah kasus TBC terbanyak pada kelompok usia produktif terutama pada usia 25 sampai 34 tahun. Di Indonesia jumlah kasus TBC terbanyak yaitu pada kelompok usia produktif terutama pada usia 45 sampai 54 tahun (Ragil Surono)

xAyu Octa Lip care Serum