Kamis, 13 Jun 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Info Fakta Strategi Jitu Redam Hoaks Jelang Pemilu di Tapsel

waktu baca 2 menit
Sabtu, 21 Okt 2023 20:11 0 193 Muhammad Reza Fahlevi

READNEWS.ID, TAPANULI SELATAN – Info yang berdasarkan fakta menjadi alternatif atau strategi jitu, redam berita hoaks jelang di (Tapsel).

Pasang Iklan

Plh Kasi Humas , Brigadir Erlangga Gautama Nasution, SH, mengungkapkan hal itu ke , usai paparan di Lat Pra Ops Mantap Brata Toba 2023-2024, Rabu (18/10) sore.

Menurut Rangga, sapaan karibnya, platform media mainstream ataupun , juga menjadi sarana penting. Di mana, media tersebut bisa menuangkan info fakta guna sebagai strategi jitu redam hoaks jelang Pemilu di Kabupaten Tapsel.

Pihaknya, juga mendorong informasi positif demi meredam berita bernada negatif, agar Pemilu tetap sejuk. Dia menyebut, perbubahan kultur bergaul masyarakat di era , acapkali memicu munculnya hoaks.

Pasang Iklan

“Sebutan yang jamak di dunia informasi terkait hal ini adalah situasi pasca kebenaran,” jelasnya usai kegiatan di Aula Pratidina Mako Tapsel itu.

Menurutnya, dewasa ini masyarakat cenderung ingin mendengar tentang apa yang selama ini mereka dengar. Hoaks muncul lebih subur, apabila kompetisi pada nanti, sudah berdasarkan emosi.

“Parahnya, masyarakat tidak melihat pada fakta tentang kapasitas serta kualitas kandidat. Melainkan dengan dasar fanatisme yang berujung emosi,” terangnya.

Maka, kata dia, Polri berupaya untuk gandeng instansi terkait. Tujuannya, mengklarifikasi isu atau berita hoaks, sebelum melakukan upaya . Karena upaya pidana, merupakan jalan terakhir dalam menyikapinya.

“Namun jika ditemui konten hoaks yang menimbulkan perpecahan di masyarakat luas, maka pelakunya dapat terjerat pidana sesuai dengan Undang-undang yang berlaku,” tutup Kasi Humas.

Muhammad Reza Fahlevi

xAyu Octa Lip care Serum