Kamis, 13 Jun 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Pj Gubernur DKI dan Polri Akan Bahas Aturan Ganjil Genap Sepeda Motor

waktu baca 2 menit
Selasa, 10 Okt 2023 16:39 0 125 Andreas Hariarto K

READNEWS.ID, JAKARTA – Penjabat (Pj) Heru Budi Hartono dan Listyo Sigit Prabowo  membahas penerapan kebijakan ganjil genap bagi kendaraan roda dua  di beberapa ruas jalan di Kota.

Pasang Iklan

“Kita akan dipikirkan. Semua itu harus dikaji bersama dengan Direktorat Lalu Lintas/ Ditlantas ,” kata Heru di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin.

Namun, Heru belum bisa menanggapi lebih jauh terkait usulan ganjil genap untuk sepeda motor.

“Masih kami obrolkan dulu,” ujar Heru.

Pasang Iklan

Hal serupa dikatakan Kepala Dinas Perhubungan () DKI Jakarta Syafrin Liputo yang mengatakan perlu adanya kajian lebih lanjut sebelum menerapkan ganjil genap untuk sepeda motor.

“Usulan itu kami akan kaji lebih lanjut secara komprehensif,” ujar Syafrin saat dikonfirmasi di Jakarta.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyiapkan langkah proaktif untuk memperbaiki kualitas udara di Jakarta yakni adanya peraturan ganjil genap yang ke depannya diharapkan bisa diterapkan untuk pengguna sepeda motor. 

“Suatu saat nanti tolong dipikirkan, karena memang 67 persen emisi kendaraan bermotor menyebabkan polusi,” ucap Listyo dalam acara Hari Lalu Lintas ke-68, Selasa (26/9).

Anggota Komisi D , Justin Adrian mengatakan pembatasan kepemilikan kendaraan dapat menjadi opsi dalam mengatasi di DKI Jakarta.

“Pengendalian jumlah kendaraan bermotor harus dilakukan karena jauh melebihi kapasitas jalan yang ada,” ujar Justin.

Adrian mengungkapkan pada 2022 tercatat jumlah kendaraan bermotor di DKI ini mencapai 26 juta unit lebih sehingga pembatasan harus dilakukan untuk menekan polusi udara dan juga solusi mengatasi kemacetan. (AHK)

xAyu Octa Lip care Serum