Selasa, 23 Apr 2024
xPasang iklan readnews
Iklan di ReadNews Pasti Untung

Sejarah Sumpah Pemuda, 28 Oktober 1928

waktu baca 2 menit
Minggu, 29 Okt 2023 08:32 0 153 Andreas Hariarto K

READNEWS.ID, – Tanggal 28 Oktober adalah hari paling bersejarah bagi masyarakat .

Pasang Iklan

Kita memperingatinya sebagai Hari , Hari di mana para berikrar untuk bersatu dalam satu bangsa, tanah air, dan bahasa yang sama yaitu .

Sumpah Pemuda dicetuskan dalam Kongres Pemuda II tanggal 28 Oktober 1928.

Namun sebelum itu, para pemuda sudah terlebih dahulu mengupayakan melalui Rapat Besar Pemuda (Kongres Pemuda I) yang dilaksanakan pada 30 April sampai 2 Mei 1926 di Batavia.

Pasang Iklan

Diselenggarakannya Kongres Pemuda I adalah bertujuan untuk menyamakan persepsi antar berbagai organisasi kepemudaan di Indonesia sehingga terwujud dasar pokok lahirnya persatuan Indonesia yang sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia.

Namun, Kongres Pemuda I tidak membuahkan hasil setelah Ketua Kongres, Muhammad Tabrani, tidak sepakat dengan Mohammad Yamin terkait penggunaan istilah bahasa Melayu sebagai bahasa persatuan.

Setelah Kongres Pemuda I selesai di selenggarakan, beberapa pertemuan terus diadakan untuk membahas lebih lanjut terkait tindak lanjut dari Kongres Pemuda I.

Setelah dua tahun berjalan, para pemuda yang dimotori PPPI (Persatuan Pemuda Indonesia) mengadakan beberapa rapat yang dihadiri oleh perwakilan dari beberapa organisasi pemuda dan dari rapat tersebut menghasilkan keputusan bahwa Kongres Pemuda II akan dilaksanakan pada Oktober 1928.

Kongres Pemuda II tersebut diselenggarakan selama dua hari pada tanggal 27 dan 28 Oktober 1928 yang terbagi dalam tiga kali rapat yang masing-masing rapat dilaksanakan di gedung yang berbeda.

Dalam rapat ini, akhirnya rumusan hasil putusan kongres yang kita kenal sebagai Sumpah Pemuda dibacakan.

Adapun ikrar Sumpah Pemuda adalah sebagai berikut:

Pertama.
Kami, putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah satu, tanah air Indonesia.

Kedua.
Kami, putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah satu, tanah air Indonesia.

Ketiga.
Kami, putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Sumpah Pemuda telah menyatukan para pemuda dan seluruh rakyat Indonesia untuk membela tumpah darah yang satu, yakni tanah air Indonesia.

Sumpah Pemuda telah menyatukan para pemuda dan seluruh rakyat Indonesia untuk menjadi bangsa yang berdaulat dan bersatu yaitu bangsa Indonesia.

Sumpah Pemuda telah menyatukan para pemuda dan seluruh rakyat Indonesia untuk berbahasa satu, yakni bahasa Indonesia dan dengan Bahasa Indonesia menjadi bahasa pemersatu. (AHK)

xPasang iklan readnews